Monday 21 July 2014

Alasan Postingan Lama Terindeks Google

Tadi malam saya mendapat serangkaian pertanyaan yang membuat saya berfikir dua kali tentang mengapa postingan yang di publish lama terindeks oleh Google dan saat itu saya belum bisa memberikan jawaban yang pasti apalagi solusinya, kemudian saya mencoba untuk merasakan jika hal itu terjadi kepada saya mungkin sayapun akan kebingungan. Dalam tulisan ini saya akan mencoba untuk sedikit mengulas penyebab nya sedikit agar sahabat semua mengetahui beberapa penyebab postingan kita tidak terindeks oleg Google. Dari beberapa sumber mengatakan bahwa alasan postingan lama terindeks Google disebabkan oleh banyak faktor dan itupun tidak bisa ditentukan penyebab pastinya. Namun ada beberapa faktor penyebab yang bisa saya uraikan sebagai pengetahuan kita bersama, diantaranya :

1. Blog anda tidak terhubung dengan  blog atau situs lain secara utuh alias adanya broken link.
2. Desain blog yang menyulitkan google melakukan crawling setiap konten yang ada, hal ini bisa disebabkan dengan seringnya  berganti template.
3. Adanya permasalahan teknis terhadap host dengan domain blog anda.
4. Terjadinya kesalahan saat Google melakukan crawling sebuah konten sehingga link tidak terdeteksi.
5. Adanya kesalahan setting robots.txt yang anda lakukan sehingga Googlebot tidak dapat mengindeks pembaharuan konten yang anda lakukan.
6.  Anda lupa membuat sitemap.
7. Topik utama dimana Google memberlakukan cara indeks dengan alogartima yang baru. Dengan Google Pandanya yang memiliki  kemampuan membedakan 2 halaman yang berbeda, hal ini dilakukan terhadap konten yang copy paste.
8. Proses indeks yang terlambat hampir terjadi pada blog yang berplatform blogspot, hal ini masih menjadi bahan pelajaran saya karena blog dengan platform lain hampir tidak pernah mengalami keterlambatan indeks.
9. Sedikit atau banyak PageRank mempengaruhi proses indeks konten baru sebab semakin tinggi PR yang dimiliki akan semakin memudahkan Googlebot melakukan crawling terhadap konten baru yang kita publish.

Ada beberapa cara yang biasa diambil oleh para blogger agar anda bisa mengatasi masalah tersebut yaitu dengan membuat sitemap, lakukan kunjungan ke webmaster tool utntuk melakukan pemeriksaan berkala tentang kesehatan blog kita.

Jika sahabat semua memiliki pengalaman tentang postingan yang lama terindeks oleh Google saya harapkan kesediaanya untuk berbagi pengalaman agar kejadian ini tidak terjadi kepada sahabat kita semua, minimal kita melakukan upaya pencegahan.

0 komentar:

Post a Comment